Khawatir Virus Ransomware WannaCry menjangkit Windows, lakukanlah Hal ini!

Karena saya juga sedikit was-was dengan adanya virus ransomware.wannacry, saya ikut-ikutan cara tahu bagaimana menangkal serangan ransome, soalnya sudah ada yang terkena virus tersebut dengan membayar sejumlah uang dalam bentuk bitcoin loh! Jangan sampai punya kita sendiri juga kena sasarannya. Nah berikut info yang kami tahu, bahwa rumah sakit di Indonesia juga sudah terkena virus ini, lihat gambar dibawah ini:

virus Ransomware

Sedikit saya tahu dari internet bahwa virus ini akan menembus sistem yang digunakan oleh windows, sehingga saya juga mengupdate windows update dan securitynya karena program jahat ini akan mengenkripsi data dan apabila sudah terenkripsi maka komputer terkunci sehingga tidak dapat digunakan. Jika mau mnggunakan kembali dan data tidak hilang harus membayar sejumlah dengan mata uang bitcoin.

Virus ini diduga sebagai salah satu virus yang memanfaatkan tool senjata cyber milik dinas intel Amerika yang telah dicuri oleh Hacker bernama Shadow Broker dengan memanfaatkan celah keamanan di sistem operasi windows lewat eksekusi remote code SMBv1.

Nah, Virus komputer yang satu ini sangat canggih karena tak butuh kembali campur tangan dari manusia untuk penyebarannya hanya mngandalkan koneksi ke jaringan, jika komputer langsung terkoneksi jaringan dan belum ada penangguangan dan pencegahan maka akan terinfeksi virus ini karena mereka menggunakan celah dari security windows. Dan apa saja versi windows yang terserang virus yang baru saja rilis hari jum’at dan sudah tersebar di 99 negara.

Daftar versi windows yang hati-hati dapat terjangkit adalah sebagai berikut ini:

Windows XP, Windows 8 dan Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows 10, Windows Server 2012 R2, Windows Server 2016.

(Total ada delapan seri windows dan 29 disi yang dinyatakan rawan) dan menurut dari halaman Microsoft Tehnet bahwa potensi virus ini akan menyerang wndows lawas sampai yang terbaru.

Apakah anda juga menggunakan sistem operasi windows diatas, bagaimana cara pecegahannya agar tidak juga menjangkit PC ataupun laptop kita, mari kita mencegahnya:

1. Silahkan anda offline dengan memutuskan koneksi internet, ” Cabut kabel jaringan konektor lan jika pakai PC, bisa juga mematikan router wifinya untuk menonaktifkan wifi”

2. Silahkan anda nonaktifkan file sharing SMB tersebut dengan cara
– Jalankan Control panel kemudian dilanjutkan dengan klik “Program”
– lihat bagian bawah “Program and Feature” Klik kembali Turn Windows Features on or off”
– Nanti anda akan dibawa pada tampilan baru sebuah cecklist cari “SMB 1.0/CIFS File Sharing SUpport” Kemudian anda hlangkan Checklistnya ya!
– Kemudian klik OK

3. Anda dapat memblok port yang digunakan virus ini dengan cara sebagai berikut.

“Block Port 139,445,3389” Dengan cara sebagi berikut ini:
– Bukalah Control Panel
– Klik “System and Security”.
– “Windows Firewall”
– “Advanced Settings” Lihat pada menu bagian kirinya
– “Inbound Rules”
– “New Rules”
– Klik “port” dan Klik “next”
– Klik “TCP”
– Klik “Specific Local port” kemudian isi dengan angka : 139,445,3389 kemudian klik “next”
– Anda dapat cecklist atau lihat sudah tercecklist atau belum “Domain, Private, anda Public” lalu klik Next
– Kasih judul dengan nama “Block Port Ransenware”
– Kemudina klik Finish

4. Jangan lupa untuk update security pada windows dengan menginstall patch MS 17-010 bisa anda serchng di google.

Nah, Anda bisa lakukan tutorial diatas di laptop atau PC anda, Sebaiknya lakukanlah pencegahan dari pada PC anda terjangkit virus yang sangat dengan mudah menghilangkan file data anda.

UNIT IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *