Format dan Ukuran Video Youtube Yang Cocok Buat Vlog Apa Sih?

Topik.My.Id – akhir-akhir ini memang saya doyan ngevlog ke beberapa tempat wisata. Maunya bikin video tentang tutorial gitu tapi editnya pakai camtasia untuk ngeblurkan passowrod atau user yang bergerak tambah susah. Alhasil saya masih ngedit video pakai filmora. Masih banyak editing video yang rekomended buat kalian yang suka edit video, apalagi yang jago editing punya komputer yang canggih bisa menggunakan adobe premier, dismaping itu juga corel studio, las vegas, movie maker yang cocok buat video berkualitas.

Format Terbaik Vlog Youtube

Nah, tentunya dalam membuat video adalah memperhatikan kualitas video yang tinggi sehingga bisa nyaman untuk dilihat. Jika ukuran video tak sesuai maka hasilnya juga kurang bagus. Format dan ukuran video sangat menentukan bagus tidaknya video yang akan kita unggah nantinya. Ada beberapa format video yang sering kita lihat di youtube jumlahnya sih ada 9 format tapi ane biasa menggunakan satu format video aja.

Format video yang sering kita lihat di youtube yaitu Mp4, AVI, FLV, 3GP, WebM, MOV, WMV, MPEGPS, MPEG4.

Kesembilan format tersebut hanya digunakan untuk beberapa orang saja, tapi sayangnya ane lebih memilih untuk format Mp4 yang cocok bagi ane ngevlog karena tak begitu besar ukurannya dan untuk ukurannya video anda akan lebih baiknya anda menggunakan kualitas tinggi supaya waktu upload video tidak pecah gambarnya.

Ukuran Terbaik Video Blog Youtube

ada beberapa jenis ukuran video yang sesuai dengan vlog. Namun ane biasanya menggunakan satu ukuran saja saat editing karena ukuran tersebut sangat berpengaruh pada hasil kualitas tampilan video youtube. Ane ndak mau kalau seandainya yang nonton video ane ntar bilangnya kualitas videonya jelek banget hehehe…

Anda sebelum upload bisa menggunakan aspek rasio 16:9 jika mau upload di youtube maka untuk ukuran video ini akan ada beberapa piksel seperti berikut ini:

240pixel: 426×240 (16:9)
360pixel: 640×360 (16:9)
480pixel: 854×480 (16:9)
720pixel: 1280×720 (16:9)
1080pixel: 1920×1080 (16:9)
1440pixel (2k): 2560×1440 (16:9)
2160pixel (4k): 3840 x 2160 (16:9)

Nah, untuk ane sendiri biasa menggunakan ukuran 720 piksel dengan ukuran 1280×720 karena saat upload nantinya akan dikompress atau diperkecil. Ketika di proses editing menghasilkan 180 mb namun ketika didownload hanya biasa. Jika anda bisa cek video saya berikut ini:

Jika nantinya kurang sedikit ukurannya maka tampilannya juga kurang menarik dan itu sesuai dengan settingannya. Tapi untuk Audio ane nggak ngerti banget settingannya ya. kalau video sih seperti gambar dibawah ini yang jelas:

format ukuran Youtube

Kualitas Video Bagus untuk Vlog di Youtube.

Karena ane masih pemula dalam ngevlog, belum bisa-bisa editingnya yang ane lakukan cuma searching di google doang, karena kita sama-sama belajar supaya pintar, okey!!!! Nah bagi anda yang bener-bener ingin jadi videography bisa gunakan kualitas HD yah! dengan ukuran 1080pixel dengan pengaturan yang Audio yang sudah ada di sana biar hasinya tidak rusak setelah itu anda simpan dan anda terapkan pengaturannya sebagai berikut Pengaturan Audio Codec: AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz), Pengaturan Video Codec: H264

Nah, itulah rekomendasi ane terkait dengan format yang digunakan. Ane biasanya menggunakan Format Mp4 dan untuk ukuran yang ane gunakan dengan kualitas 720pixel. Karena memang ane masih newbie dengan laptop seadanya yang ane gunakan untuk proses editing.

UNIT IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *