Cara Melihat Daftar Penerima Pip (Program Indonesia Pintar)

Topik.My.ID – PIP atau Program Indonesia Pintar yang telah dicanangkan pemerintah sangat membantu bagi siswa-siswi miskin di seluruh Indonesia. Peneriman Bantuan Siswa Miskin ini diperuntukkan bagi anak yang berusia 6 sampai dengan 21 tahun pemegang Kartu KPS/KKS/KIP dan juga bagi siswa yang terancam putus sekolah. PIP ini dimaksudkan agar pendidikan dapat terasa di lapisan masyarakat bawah yang menjangkau mulai dari SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA yang didorong agar masyarakat dapat merasakan pendidikan wajib belajar 12 tahun.

Dengan adanya program Indonesia Pintar maka saya selaku operator dapodik memiliki kewajiban untuk cek daftar siswa penerima pip pada tahun ini dan pada tahun-tahun selanjutnya melalui pintu layanan gerbang psma untuk tingkat sekolah lanjutan tingkat atas melalui PIP Manager. Bagi yang belum mengaktifkan Token PIP silahkan untuk aktifkan token PIP terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi PIP Manager.

PIP Manager

Untuk membuka PIP manager silahkan anda kunjungi lamannya ini http://psma.kemdikbud.go.id/pip/ silahkan setelah anda dapat membuka laman PIP Manager masukkan Username Email anda dan Kata Sandi Anda maka anda akan masuk di halaman awalnya.

total dana 2017

Setelah terbuka anda bisa Cek Data SK dengan Mimilih Pilihan Tahun SK, Kita akan memilih Tahun 2017 untuk cek SK 2017 anda pilih SK ke berapa maka dananya akan muncul beserta Nama Siswa tanggal SK nomer Rekening dan Dananya seperti gambar dibawah ini:

Cek Data SK

keluar data

Tapi masalahnya kok SK terakhir yang saya lihat hanya 2 siswa yang mendapatkan dana PIP, padahal siswa-siswa yang kami ajar semuanya miskin rata-rata. Pekerjaaan orang tua yang tidak tetap sebagai nelayan membuat mereka kesusahan untuk membayar SPP sekolah yang harga SPP SMA aja perbulan sebesar 50 ribu.

Berbeda dengan SPP SMA di Jawa yang kebanyakan membayar hingga 200 ribuan rupiah, dan perlu pemerataan biaya sekolah di seluruh Indonesia, apalagi kehidupan di luar jawa sangatlah mahal dibandingkan dengan di jawa. Pemerintah harus mengambil tindakan untuk penyetaraan pembayaran SPP. Hingga diluar jawapun SPP dengan harga 50 ribu banyak yang belum mampu membayar karena kemiskinannya. Semoga PIP ini tepat sasaran dan anak-anakluar jawapun haruslah diperioritaskan mengingat Dana PIP diatas hanya cair beberapa siswa entah kendala apa pada sekolah ataukah ada kendala lainnya mengapa dana siswa tidak semua mendapatkannya.

UNIT IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *