Cara Tarik Peserta Didik (PD) Online Ke SMP atau SMA dengan mudah dan cepat.

Cara Tarik Peserta Didik (PD) Online Ke SMP atau SMA dengan mudah dan cepat. Diawal tahun pelajaran semester baru ini para operator di seluruh Indonesia diberikan beban untuk menginput data siswa baru dari penerimaan siswa baru semester ganjil. Tarik Peserta didik online ini memudahkan para operator sekolah yang mana dahulu kala mereka harus mengisi prodil satu persatu. Tarik peserta didik ini bisa dilakukan dengan menggunakan NISN atau nama peserta didik dan sekolah asal, Baik itu dari SD maupun SMP.

Selain tarik peserta didik secara online, seorang operator sekolah harus benar-benar memantau aplikasi yang banyak seperti penjaminan mutu pendidikan (PMP), Absensi GTK, E rapor dan ALPELKA BOS bagi bendahara bos. Dan beberapa aplikasi lainnya yang belum bisa diungkap satu persatu.

Point penting dari semua urusan administrasi online ini adalah koneksi internet yang mencukupi dan memadahi sehingga apabila tidak ada koneksi internet, carilah koneksi yang benar-benar mendukung sehingga dapat dengan mudah akses semua website yang akan dibrowsing.

Adapun cara tarik peserta didik adalah dengan cara sebagai berikut ini:

Pertama, Silahkan anda membuka website data pokok pendidikan dasar dan menengah yang berada di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ kemudian silahkan anda letakkan kursor di menu sebelah pojok kanan dan pencet tombol login untuk menejemen sekolah.

 

Kedua, setelah terbuak silahkan anda login dengan username dan password, seperti anda membuka aplikasi dapodik  dibawah ini:

 

Ketiga, setelah terbuka silahkan anda  melihat informasi akun seperti yang tertera dibawah ini, apakah sesuai dengan sekolah yang akan dituju kemudian anda pecet tombol kelola dapodik

keempat, silahkan anda lihat pada menu sebelah pojok kanan anda ada kotak berwarna merah dan silahkan anda klik dengan kursor kotak berwarna merah yang bernama “Peserta didik”.

 

 

Kelima, Kemudian silahkan anda tambah peserta didik, ini berlaku untuk siswa baru maupun pindahan dari luar sekolah menuju sekolah anda.

keenam,  Silahkan anda isikan  beberapa hal terkait dengan peserta didik baru eperti asal provinsi, kabupaten kota siswa baru, kecamatan, sekolah asal dari SMP mana, dan tahun lulus seperti gambar dibawah ini:

Ketujuh, Kemudian akan tampil beberapa siswa yang akan pindah atau siswa baru yang naik kelas baik dari SD ke SMP, SMP ke SMA seperti gambar berikut ini:

Silahkan anda simpan sesuai dengan yang akan anda masukkan ke SMP, SMA yang akan dituju. Setelah anda simpan maka anda harus membuka dapodik.

Kedelapan, Bukalah dapodik versi terbaru, kemudian anda sinkron agar tarik peserta didik secara online tersebut masuk di localhost dapodik kemudian siswa tersebut sudah masuk secara otomatis setalah anda sinkron.

Itulah beberapa hal terkait dengan Cara Tarik Peserta Didik (PD) Online Ke SMP atau SMA  semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat bagi operator baru yang sedang mengerjakan dapodik.

UNIT IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *