About Profile

Beberapa kata tak bisa terungkapkan apabila hanya dihiasi dengan kata-kata bohong, sebuah profil menyatakan bahwa hal itu akan terungkap apabila benar-benar memiliki landasan yang kuat untuk mengungkapkan suatu kebenaran.

Saya adalah salah satu dari sekelumit orang yang ingin menghiasi indahnya pengalaman hidup, tak banyak disampaikan dan tak banyak kata-kata dan awal kumulai mengenal internet adalah ketika seorang dosen menyampaikan materi dan tugas untuk dikerjakan, semenjak itulah ada tugas untuk membuat sebuah blog dimulai.

Nama saya Topik Nugroho, Saya lahir disebuah desa kecil di perbatasan jawa timur tepatnya di Mantingan, Ngawi. Sebelum saya lahir dikota tersebut, ayah bekerja sebagai Polisi yang kerjaannya memang harus berpindah dari satu tempat ketempat yang lainnya. Ayahku adalah seorang pejuang untukku, dia rela berkorban penuh demi saudara dan anaknya. Ayahku yang lulusan SMP mampu menjadi seorang Polisi berpangkat Inspektur Polisi Dua atau disebut IPDA, Ia lahir di Yogyakarta dan bertemu ibuku sebagai salah seorang wiraswasta penjaga toko makanan dan perlengkapan rumah pada umumnya.

Aku di Umur 5 Tahun

Ayahku memang salah seorang pejuang, mulai dari SMP ia tekuni menjadi Polisi karena orang tuanya dulu tak mampu membiayai sekolah. Kakaknyapun juga tidak turut membiayainya karena kakaknya hanya lulusan SD dan sekarang harus membanting tulang disawah, Ayahku membanting tulang jualan es keliilng hanya demi belajar di Sekolah Menengah Pertama. Semenjak itulah, ayahku memutuskan untuk mengikuti pamannya atau adik dari Simbahku yang menjadi Brimob di Banjarmasin. Ia mengikuti langkahnya untuk menjadi seorang Polisi dengan pangkat Kopral dan harus menjalani hidupnya dengan penuh rintangan. Ijazah Ayahku yang SMP inilah yang harus dibawa ayahku ketika masa hidupnya pada waktu muda, ia harus mengambil Paket C untuk Ijazah SMA dan demi kenaikan pangkatnya, Ia tidak bisa melanjut keperguruan tinggi karena juga harus menanggung Saudara-saudaranya di Yogyakarta mulai dari SMP. Ia membiayai Dua orang adiknya yang kini bisa menjadi seorang Polisi di kalimantan Selatan tepatnya di Barabai dan Guru SLB C di Prambanan sebagai seorang PNS.

langkahnya hidup membiayai keluarga dan anaknya memang saya acungin jempol bagi seorang ayah, Perjuangan Hebat ia lalui dengan penuh kesabaran. Meskipun ia lahir di Jogja namun ia tetap menjadi salah satu bagian dari Jogja. Hidup yang penuh rintangan, ia lalui dengan sabar dan bahagia. Belum begitu jelas cerita dari Ayahku karena saya tidak mengorek cerita itu begitu mendalam yang pasti ia pernah berada bersama kakekku selama 10 tahun lebih di Kalimantan dengan 2 orang anak dari Ibuku, Ibuku lahir di Yogjakarta tepatnya di Karang Nongko, Gamping kidul,Sleman Yogyakarta. Namun seorang anaknya pertama dikalimantan meninggal akibat penyakit yang diderita dan berkeinginan untuk berpindah di Jawa mulai berpindah di Surabaya dikarenakan sesuatu yang tak nyaman di kalimantan dan berpindah lagi ke Madiun dan terakhir menetap di Ngawi selama 25 Tahun seperti umurku sekrang ini.

ayahku
Pendidikan ayahku di watu kosek

Namaku yang salah ketik dari sejak di Akte  dengan pemberian dari Ibuku, yang sebenarnya adalah TAUFIK NUGROHO menjadi Topik Nugroho ini disebabkan oleh salah penyampaian kepada bapakku. Saya lahir di Ngawi bulan September tanggal 19 pada tahun 1989. Pengalaman yang pahit harus dilalui oleh seorang Ayah yang mempunyai 3 orang anak. Tempat tinggalku masa kecil ada di Asrama selama kurang lebih 6 tahun. Ayahku tidak mempunyai rumah sampai tahun 1995 sebagai seorang Polisi. Ia harus membanting tulang dengan cara menyewa sawah orang lain untuk digarap. Semenjak itulah orang tuaku membeli tanah dan membeli rumah adat jawa yang tinggal dipasang dari kayu  di suatu perkampungan kecil diperbatasan jawa timur dan jawa tengah tepatnya di Dukuh Sekarjo, Dsn Pule Ds Mantingan kec. Mantingan Kab. Ngawi Jawa Timur. Setelah menetap disitulah, Kedua orangtuaku tidak mengalami masa-masa seperti di Kalimantan yang sulit seperti dahulu. Aku mulai bersekolah di SD Mantingan 2 dengan banyak cerita dan melanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Mantingan  dengan banyak kisah. Entah apa dan keinginan apa, aku ingin melanjutkan sekolah di Pondok Daru Syahadah Boyolali, akan tetapi Orangtuaku tidak setuju untuk menimba ilmu disana, hingga akhirnya aku disuruh untuk melanjutkan di Pondok Modern Darussalam Gontor yang berada di Jawa Timur.  Banyak teman dan kenangan masa lalu yang saya dapatkan disana, Mulai dari Calon Pelajar atau disebut CApel di Gontor Dua, kelas satu intensive, tiga intesive, kelas lima sampai kelas enam KMI di Gontor.  Dan mulai melanjutkan jenjang perguruan tinggi di Institut Darusallam Gontor yang sekrang ini akan beralih menjadi Universitas Darussalam atau Unisda dengan jurusan Ekonomi Syari’ah. Namun keinginan menimba ilmu diluar pondok datang secara tiba-tiba yang ingin melanjutkan ke UGM, meskipun belum sempat ujian masuk karena harus mengalami kecelekaaan motor ringan di daerah Delanggu. Setelah itu saya memutuskan untuk mentransfer ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, meskipun orang tuaku harus memilih jurusan agamanya, awalnya aku ingin meneruskan sesuai Jurusanku di ISID yaitu Ekonomi Islam, namun orang tuaku menyuruh untuk masuk ke Pendidikan Agama Islam di UMY. Ketika di Yogyakarta aku tinggal  bersama kakek nenekku selama 1 tahun setelah itu pindah ke rumah yang dikontrakan Ayahku kepada orang lain, Ayahku memliki rumah di Jogja ketika Umurku menginjak 15 tahun, rumah tersebut diperunttukkan sebagai rumah sewa dan kontrakan kepada orang lain, setelah itu Orang tuaku menyuruh  untuk menempatin rumah  mulai tahun 2010 sampai sekarang ini

foto kecil
Photoku masih kecil didepan rumah bersama kakak dan tetanggaku

 

Teman-Teman Asrama
Teman-Teman Asrama

 

SD
aku dan teman -teman selesai pulang sekolah

Perjalanan Hidup di Yogyakarta mulai tahun 2009 sampai dengan 2014 dengan penurunan ibadah yang sangat drastis, yang dulu suka ke Masjid lima waktu mulai menghilang lagi dengan sekali saja kemasjid dan kadang tidak ke Masjid. Perjalanan hidupku seperti alur air yang mengalir, Mulai mengenal dunia blogging pada tahun 2009 dengan postingan apa saja ketika di Isid hingga akhirnya harus mengenal dunia blogging pada tahun 2011 di UMY pada mata kuliah Media Pembelajaran IT dengan nilai A,  kesukaanku didepan komputer dengan Game Online Point Blank mulai pudar dan hilang ketika mengenal sebuah blog Kontes Seo di Akhir 2011 dan bersama seorang teman yang mengajakku untuk pelatihan blog di UMY bersama MF Abdullah yang merupakan seorang penjaga pondok di Mualimin Yogyakarta, Mf yang disebut dengan Ipuy mulai mengenalku ketika kontes SEO di UMY semnjak itulah ia mengenalkan dunia SEO dengan Optimasi sebuah blog, kita saling optimasi sebuah blog berhari-hari hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti menjadi seorang Musrif di Mu’alimin dan pindah ke Rumahku sampai dengan 2014 Semenjak itulah mulai mendapatkan uang di dunia kontes SEO, mulai dari Modem sampai dengan Uang jutaan rupiah. Semenjak itulah mulai belajar dunia Internet khususnya untuk Blogging hingga sekarang ini. Kuliah transferan di UMY dengan NIM 20090720033 selama 3 tahun sampai tahun 2012 menjadi lulusan berpredikat biasa saja dengan IPK 3.33 karena banyak transferanku dengan nilai yang kurang bagus.

Selain belajar Blogging, saya juga sebagai seorang pengajar TPA Al-Qur’an disebuah lembaga pendidikan al-Itqon selama 2 tahun mulai dari tahun 2011 sampai dengan akhir tahun 2013 yang lalu. Selain itu saya juga harus bekerja sebagai TIM WEBOMetric UMY mulai tahun 2011 sampai dengan akhir tahun 2013 saat ini.  Ketika kelulusanku di Universitas Muhammadiyah, saya mengajar di sebuah Sekolah Dasar Muhammadiyah  selama 4 bulan dengan gaji 100 ribu perbulan, namun saya merasa tidak betah karena ongkos biaya bensin yang dikeluarkan dirasa lebih banyak dari pada pendapatannya meskipun  saya sudah bekerja di TIM WEBO UMY dan di LPD Al-ITQON. Mulai Akhir Tahun 2013 ada keinginan  untuk melanjutkan kuliah Pasca Sarjana, namun ada rasa kebosanan ketika sudah masuk kuliah dan saya memutuskan untuk mengambil cuti selama 1 semester, saya resmi menjadi pengangguran di Tahun 2014. Cuti Akedemik selama 1 Semester. Sekarang aku hanya bisa melihat ruang-ruang kosong disetiap kamar rumahku. Perjalananku yang seakan membuatku belum pernah mengenal wanita idaman mulai menjadi momok didalam hidupku. Belum pernah merasakan indahnya pacaran seperti yang dilihat di  TV-TV.  Ketika seumuranku, mulai banyak yang menikah, saya merasa kapan yah bisa menikah? karena banyaknya undangan yang didapatkan. Saya sekarang ini tidak punya kerjaan namun sudah berpenghasilan melalui blogging setiap bulannya gajinya pun rata-rata bisa mencapai 2 jutaan kadang lebih dengan menjual buku di Internet dan kegiatan Blogging, Tak banyak yang harus saya lakukan untuk sekarang ini, hanya didepan Laptop nonton Film Korea dan tidur seharian penuh. Anda bisa melihat Profil lengkapku seperti berikut ini.

100_5676

Nama: Topik Nugroho
TTL: Ngawi, 19 September 1989
Alamat: Jalan Wates Km 3,5 Dk Ngepreh Rt 01 Ds. Ngestiharjo Kec. Kasihan Kab. Bantul Yogyakarta

Jenjang Sekolah
SD Mantingan 2 ( 1995-2001)
SMP 1 Mantingan ( 2001-2004
Pondok Modern Darussalam Gontor & ISID (2004-2009)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2009-2012)
Pasca sarjana UIN( Universitas Islam Negri Sunan Kali Jaga) ( 2013- Now)

social media
Facebook: facebook.com/topik.nugroho
twitter: @Masopickaza
email: topikaza@gmail.com
Website: Topik.My.id

Semoga dengan ulasan singkat ini anda bisa mengenal saya dan saya bisa mengenal anda, perkenalan adalah sebuah awal dari pertemanan.  Tak kenal maka ta’aruf ( atau mengenalkan diri)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *